**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home Baldrige Baldrige Criteria
Baldrige Criteria

 SELINTAS SEJARAH KRITERIA UNTUK KEUNGGULAN KINERJA

Sejak dirilis untuk pertama kali di Tahun 1987, Kriteria Baldrige terus menerus mengalami penyempurnaan.  Penyempurnaan Kriteria ini dalam beberapa tahun terakhir nyaris berlangsung setiap tahun.  Rasanya baru saja kita pelajari Kriteria suatu tahun, sudah terbit Kriteria tahun selanjutnya dan demikian seterusnya. Saat ini Kriteria paling mutakhir yang telah dipublikasikan adalah Kriteria untuk tahun 2013-2014 yang merevisi isi Kriteria tahun sebelumnya.  Dari rangkaian revisi ini ternyata bahwa perubahan besar biasanya terjadi setiap dua tahun dan jatuh pada tahun ganjil. Perubahan signifikan yang terjadi pada Tahun 2009 adalah: terhitung tahun 2009 siklus Kriteria berlaku untuk dua tahun.

PERUBAHAN KRITERIA DARI TAHUN KE TAHUN 

Kriteria untuk Keunggulan Kinerja disempurnakan secara signifikan sepanjang waktu agar dapat membantu organisasi mengikuti dinamika pasar, fokus kepada kinerja yang didorong oleh strategi (strategy-driven performance), menjawab kekhawatiran menyangkut tata kelola dan etika, dan yang paling baru – pertimbangan keputusan kunci menuju sukses jangka pendek maupun keberlanjutan organisasional dalam jangka panjang.  Kriteria berkembang secara kontinu mencapai perspektif kesisteman yang terintegrasi dalam manajemen kinerja organisasional secara menyeluruh. Perubahan Kriteria dari tahun ke tahun berjalan secara evolusioner. Namun sejak Kriteria Baldrige dikembangkan oleh Program Baldrige di Amerika Serikat dikembangkan sejak 26 tahun yang lalu (1988 Criteria Development for The Malcolm Baldrige National Quality Award), perubahan Kriteria malah berjalan secara revolusioner.

 

Meningkat dari fokus kepada mutu pabrikasi menjadi fokus kepada strategi komprehensif tentang daya saing dan keberlanjutan organisasional secara menyeluruh. Setiap memutakhirkan Kriteria, Program harus menyeimbangkan dua pertimbangan penting para pemangku kepentingan. Di satu sisi perlu menjaga agar Kriteria tetap dapat memandu praktik manajemen yang valid guna membantu pengguna Kriteria dalam menemu-kenali berbagai tantangan yang semakin kompleks dan meningkat yang dihadapi; di sisi lain, ada keinginan untuk mempertahankan kestabilan Kriteria agar pengguna tetap menggunakannya secara berkesinambungan dalam penilaian kinerjanya.  

Kriteria untuk Keunggulan Kinerja terus dikembangkan, juga untuk menjawab dinamika lingkungan yang dihadapi oleh seluruh pemimpin senior dan organisasinya. Agar berhasil dan dapat mempertahankan posisi kepemimpinan di pasar atau komunitas - perlu dijawab tantangan, pilihan, dan keputusan yang semakin kompleks. Padahal, sebagian besar pilihan dan keputusan tidaklah sederhana; setiap pilihan dan keputusan memiliki komplikasi konsekuensi di seluruh jajaran organisasi, dalam operasi, dalam strategi, dan dalam kinerja yang dihasilkan. Kriteria Baldrige dikembangkan dalam bentuk pertanyaan yang pas guna menuntun pengambilan keputusan dan menjawab vital linkages antara struktur organisasional, operasi, strategi, dan hasil. Meskipun pertanyaan dalam Kriteria bersifat langsung, namun jawabannya haruslah merupakan hasil pemikiran yang matang dan mungkin saja kompleks. Dengan demikian, bila pertanyaannya tidak menantang, maka tidak akan cukup membantu sebagai penuntun dan menyelaraskan organisasi dalam mencapai sukses yang berkelanjutan.

 

Gallery

Lembayung Center