**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home Baldrige Baldrige Criteria 2011-2012 Organizational Profile
Organizational Profile

MENYUSUN ORGANIZATIONAL PROFILE

Profil Organisasional adalah ringkasan tentang: Organisasi Anda, Pengaruh-pengaruh utama dalam beroperasi, dan Tantangan dan Keunggulan utama yang dihadapi/dimiliki organisasi. Profil sangat penting karena akan digunakan sebagai starting point untuk Self Assessment dan penyusunan aplikasi.  Untuk kepentingan internal, profil digunakan oleh Penulis aplikasi dan Reviewers serta untuk Initial Self-Assessment guna memahami hal-hal yang paling relevan dan penting bagi bisnis organisasi dan hasilnya. Selain profil sangat membantu  organisasi untuk fokus pada persyaratan kinerja bisnis (organisasi) utama dan hasilnya, juga akan digunakan oleh Examiners dan Judges dalam seluruh tahapan review aplikasi dan selama kunjungan lokasi (Site Visit). 

 

 

 

 

PERSYARATAN ORGANIZATIONAL PROFILE

Profil terdiri dari dua bagian setingkat Item, yaitu 1. Deskripsi Organisasional (Organizational Description), dan 2. Situasi Organisasional (Organizational Situation); lima bagian setingkat Area yaitu: 1. Lingkungan Organisasional, 2. Hubungan Organisasional, 3. Lingkungan Kompetitif, 4. Konteks Strategis, dan 5. Sistem Perbaikan Kinerja; tiga belas bagian setingkat Subparts; dan tiga puluh empat Questions.Uraian (berupa pertanyaan) di dalamnya merupakan persyaratan seperti yang telah ditetapkan dalam Kriteria untuk Keunggulan Kinerja. Ringkasannya sebagai berikut.

1. Lingkungan Organisasional

Bagian ini harus memberi informasi tentang: Produk utama yang ditawarkan termasuk cara delivery-nya; Budaya organisasi seperti: tujuan, visi, tata nilai, dan misi yang diterapkan organisasi; Kompetensi Inti organisasi dan hubungannya dengan misi organisasi; Profil tenaga kerja atau pegawai termasuk: persyaratan dan ekspektasi, level pendidikan, keberagaman job, unit bargaining, manfaat kunci, persyaratan keselamatan dll.; Teknologi, Perangka, dan Fasilitas utama yang digunakan organisasi; Lingkungan peraturan yang mempengaruhi seperti peraturan-peraturan tentang: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), persyaratan akreditasi, sertifikasi, lingkungan, finansial, produk.

 2. Hubungan Organisasional

Bagian ini harus memberi informasi tentang: Struktur Organisasional dan Sistem Tata Kelola; Kelompok Pelanggan, Pemangku Kepentingan (Stakeholders) dan Segmen Pasar; Persyaratan mereka (Pelanggan/ Pemangku Kepentingan/Pasar) atas produk yang diberikan organisasi (termasuk perbedaannya di antara masing-masing kelompok atau segmen); Jenis pemasok, mitra, kolaborator, dan distributor yang paling penting; Peran mereka dalam proses inovasi organisasi; Hubungan kemitraaan utama dengan Pemasok dan Pelanggan serta mekanisme komunikasinya.

 3. Lingkungan Kompetitif

Bagian ini harus memberi informasi tentang: Posisi kompetitif organisasi termasuk ukuran dan pertumbuhannya dalam industri dan jumlah serta tipe kompetitor yang dihadapi; Faktor utama yang menentukan sukses organisasi dibandingkan kompetitor, termasuk berbagai perubahan yang mempengaruhi situasi kompetisi.  Diminta pula informasi tentang sumber kunci data komparatif dan kompetitif yang dapat diperoleh dari industri Anda serta sumber kunci data komparatif dan kompetitif yang dapat diperoleh untuk Proses analogis di luar industri, termasuk keterbatasan untuk memperoleh data tersebut.

4. Konteks Strategik

Bagian ini harus memberi informasi tentang: Tantangan dan Keunggulan strategik utama termasuk Tantangan dan Keunggulan dalam bidang Bisnis, Operasional, Sumber Daya Manusia (SDM),   dan Tanggung Jawab Kemasyarakatan.  

 5. Sistem Perbaikan Kinerja

Bagian ini harus memberi informasi tentang: Apa elemen kunci sistem perbaikan kinerja, termasuk proses evaluasi, pembelajaran organisasional, dan inovasi.

TEKNIS PENYUSUNAN PROFIL

Profil dibatasi 5 halaman. Bila melebihi 5 halaman, lembar selebihnya dihitung sebagai bagian dari Respons terhadap Kriteria Item.

 

Secara lebih rinci dapat diikuti instruksi dalam Baldrige Award Applications Forms Booklet yang disediakan untuk setiap periode penilaian tahunan.  Dalam buku BUNGA RAMPAI KRITERIA BALDRIGE di BAB 9 MERESPONS KRITERIA DAN MENYUSUN APLIKASI, diikhtisarkan sekaligus dengan ketentuan format untuk menyusun respons atas Kategori 1 sampai dengan 7.  Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun profil ini adalah “peringatan” seperti yang telah disampaikan pada tahap-tahapan implementasi pada waktu memulai program, khususnya bila telah sampai kepada tahap 4 (Lihat Bab 7).  Sebelum menjawab setiap pertanyaan sebagai respons organisasi terhadap persyaratan dalam Profil Organisasional berdasarkan Kriteria Baldrige, tetapkan bahwa ada tiga kemungkinan alternatif jawaban untuk itu: 1. Mudah Dijawab, 2. Bisa Dijawab, 3. Sulit Dijawab. 
 

Gallery

Lembayung Center