**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home Baldrige MBNQA
MBNQA

MALCOLM BALDRIGE NATIONAL QUALITY AWARD 

Setiap tahun di Amerika Serikat dilaksanakan lomba/penilaian bagi organisasi (perusahaan) yang mengimplentasikan Kriteria untuk Keunggulan Kinerja tahun sebelumnya. Award-nya dinamai Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) dan bersifat kompetisi (maksimum 3 pemenang untuk setiap kategori peserta per tahun) dengan mengabadikan nama mendiang Menteri Perdagangan periode 1981-1987 Malcolm Baldrige sebagai penghargaan atas kepedulian pribadinya dalam memajukan mutu. Malcolm Baldrige National Quality Award adalah program pemberian Award yang dilaksanakan setiap tahun sebagai pengakuan bagi keunggulan kinerja organisasi di Amerika Serikat. Tujuannya adalah untuk memajukan kepedulian atas keunggulan kinerja sebagai elemen penting dalam persaingan serta berbagi informasi tentang kesuksesan strategi kinerja dan manfaat-manfaat yang diperoleh dari penggunaan strategi tersebut.

 

PEMENANG MBNQA TAHUN 2015

Bandung (LCI-181115) Menteri Perdagangan Amerika Serikat Penny Pritzker Tgl 17 November 2015 mengumumkan empat organisasi AS sebagai penerima  Malcolm Baldrige National Quality Award, penghargaan tertinggi dari Presiden untuk keunggulan kinerja.  Para penerima penghargaan diakui atas komitmennya yang luar biasa untuk keunggulan yang berkelanjutan melalui inovasi, perbaikan dan kepemimpinan yang visioner.  Para penerima dikelompokkan dalam sektor yang berbeda; Satu diantaranya telah memenangi MBNQA untuk kedua kalinya – pertama dulu di Tahun 2009 (MidwayUSA).      

 Penerima Anugerah Baldrige Tahun 2015 diurut menurut kategorinya adalah sbb:

MidwayUSA, Columbia, Mo. (Bisnis Kecil; pernah memenanginya di kategori yang sama Tahun 2009); Charter School of San Diego, San Diego, Calif. (Edukasi); Charleston Area Medical Center Health System, Charleston, W.V. (Layanan Kesehatan); Mid-America Transplant Services, St. Louis, Mo. (Nirlaba).

 PEMENANG MBNQA 2014

Washington DC (121114).  Menteri Perdagangan Amerika Serikat Penny Pritzker  mengumumkan empat penerima Malcolm Baldrige National Quality Award 2014 pada tgl 12 November 2014 yl. Penerimanya adalah:

·   PricewaterhouseCoopers Public Sector Practice, McLean, Va. (jasa)

·   Hill Country Memorial, Fredericksburg, Texas (layanan kesehatan)

·   St. David’s HealthCare, Austin, Texas (layanan kesehatan)

·   Elevations Credit Union, Boulder, Colorado. (nirlaba)

 

Saya ucapkan selamat kepada para penerima Baldrige Award 2014 yang telah menemukan jalan untuk menemui keberhasilan melalui Baldrige Criteria for Performance Excellence – jantung Baldrige Award,” kata Penny Pritzker. “Program Baldrige adalah satu cara kunci Departemen Perdagangan membantu mengakui organisasi di AS yang bertekad memiliki operasi kelas dunia. Para penerima penghargaan hari ini merupakan role model tentang inovasi, manajemen yang baik, kepuasan pegawai dan pelanggan, serta hasil-hasil.  Saya mendorong organisasi di segala sektor untuk mengikuti jejaknya.

 

Dengan demikian, sampai dengan saat ini, sudah lebih dari 1.500 organisasi di AS yang melamar Baldrige Award dan lebih dari 30 program Award berbasis Baldrige diselenggarakan di hampir 50 negara bagian.  Secara internasional, pola sejenis dijadikan sebagai model di hampir 100 program untuk keunggulan yang sejenis. Baldrige Award 2014 itu sendiri akan diserahkan pada upacara di bulan April 2015 dalam konferensi Quest for Excellence conference di Baltimore, Md.

Sumber: BPEP – NIST 

PEMENANG MBNQA 2013

Washington, DC(LCI291113). Menteri Perdagangan AS Penny Pritzker pada Tgl 13 November 2013 mengumumkan tiga organisasi yang akan menerima 2013 Malcolm Baldrige National Quality Award.  Penghargaan tertinggi dari Presiden AS untuk keunggulan kinerja melalui inovasi, perbaikan dan kepemimpinan yang visioner.

“Saya berbahagia mengucapkan selamat kepada penerima Baldrige Award 2013, tiga organisasi yang unggul dalam praktik inovatif, manajemen yang dinamis, kinerja keuangan yang bagus, kepuasan pegawai dan pelanggan yang luar biasa, serta komitmen yang penuh terhadap keunggulan dan hasil yang dicapai” kata Menteri Perdagangan Pritzker. “Program Baldrige telah memberi dampak yang nyata terhadap sukses ribuan organisasi di seluruh dunia dan ekonomi Negara kita, dan para pemenang yang diumumkan hari ini tidak diragukan lagi meneruskan prestasi ini dan bertindak sebagai “role model” untuk para sejawatnya di sektor layanan kesehatan dan edukasi.”  

 

Seluruh pemenang tahun ini adalah dari sektor layanan kesehatan dan edukasi. Ketiga organisasi tersebut adalah: Pewaukee School District, Pewaukee, Wis. (education), Baylor Regional Medical Center at Plano, Plano, Texas (health care), Sutter Davis Hospital, Davis, Calif. (health care).  Mereka terpilih di antara 22 aplikan - dua untuk edukasi, 15 layanan kesehatan, dan lima untuk organisasi nirlaba atau lembaga pemerintah.  Lembayung Center mengucapkan "Congratulations to all 2013 MBNQA recipients".

PEMENANG MBNQA 2012

Washington, DC (LCI151112) – Pejabat Menteri Perdagangan AS Rebecca Blank Tgl 15 November 2012 mengumumkan empat pemenang Baldrige Award yaitu:

  • Lockheed Martin Missiles and Fire Control, Grand Prairie, Texas (manufacturing)
  • MESA Products Inc., Tulsa, Okla. (small business)
  • North Mississippi Health Services, Tupelo, Miss. (health care)
  • City of Irving, Irving, Texas (nonprofit).

 

MESA adalah pemenang kedua kalinya setelah menerimanya pada Tahun 2006 untuk kategori Bisnis Kecil. Pemenang lainnya, North Mississippi Health Services memenangi Award tahun ini dalam kategori Layanan Kesehatan - adalah rumah sakit induk yang salah satu unit pusat kesehatannya, North Mississippi Medical Center – adalah pemenang Th 2006.  “Empat organisasi ini diakui sebagai pemenang Baldrige Award 2012 yang berarti senyatanya adalah pemimpin dan “role model” yang akan ditiru oleh organisasi sejenis dalam bidang pabrikasi, bisnis kecil, layanan kesehatan, dan nirlaba. Mereka telah mempraktikkan sederetan inovasi, manajemen dinamis, kinerja finansial, kepuasan tenaga kerja dan pelanggan yang luar biasa, dan di antara keseluruhannya – mereka telah menunjukkan komitmen yang tak pernah surut untuk mencapai keunggulan dan hasil”. Kata  Pejabat Menteri Perdagangan AS Rebecca Blank.

                                                                          ***** 

PERSYARATAN PARTISIPASI DALAM BALDRIGE AWARD

Setiap organisasi yang berkantor pusat di Amerika Serikat atau teritorialnya, termasuk sub-unit perusahaan asing yang ada di Amerika Serikat bisa ikut dalam program Award ini dengan kategori sebagai berikut:

  • Manufacturing
  • Service
  • Small Business
  • Nonprofit (badan amal, asosiasi perdagangan dan profesional, serta lembaga pemerintah).
  • For-profit and Nonprofit Education (sekolah dasar dan menengah serta sekolah distrik; colleges, universitas, sekolah atau colleges dalam suatu universitas; sekolah profesi; dan sekolah teknik).
  • For-profit and Nonprofit Health Care (rumah sakit, organisasi layanan kesehatan, fasilitas perawatan jangka panjang, kantor para praktisi layanan kesehatan, agen layanan kesehatan di rumah, pusat dialisis dan ambulatory surgery.)

Tergantung dari jumlah pegawainya, suatu organisasi induk berhak mengikutsertakan sampai lima sub-unitnya dalam siklus suatu tahun. Untuk ikut berpartisipasi dalam MBNQA suatu organisasi harus menyerahkan paket aplikasi yang merupakan jawaban atas "Kriteria untuk Keunggulan Kinerja". Ada dua langkah proses keikutsertaan dalam MBNQA yang terdiri dari Eligibility Certification Package dan Application Package.

TAHAPAN PENILAIAN BALDRIGE AWARD 

Step 1 - Eligibility Certification Package

Organisasi yang telah menerapkan Kriteria dan berminat untuk ikut MBNQA diharuskan mengajukan aplikasi dengan memenuhi berbagai persyaratan Basic Eligibility (Persyaratan Dasar) bagi peserta yang telah ditentukan. Bagi organisasi edukasi atau layanan kesehatan yang berorientasi laba dapat mengikuti untuk kelompok kategori service atau small business dengan menggunakan kriteria bisnis, edukasi, atau layanan kesehatan sesuai bidang usahanya. Organisasi diharuskan mengisi Eligibility Certification Package dengan menominasikan seorang anggota pemimpin senior yang dicalonkan menjadi anggota Dewan Penguji (Board of Examiners). Untuk paket ini penyerahannya biasanya ditentukan paling lambat tanggal 10 Mei. Bila organisasi tidak akan mencalonkan salah seorang pimpinannya sebagai Board of Examiners, berkas sertifikasi eligibilitasnya harus diserahkan paling lambat biasanya tanggal 11 April.

Step 2 - Application Package Paket Aplikasi bisa diserahkan dalam bentuk CD dengan format file PDF atau bentuk paper. Bila diserahkan dalam bentuk CD harus diserahkan sebelum tanggal 11 Mei. Bila dalam bentuk paper, penyerahan sebanyak 25 kopi Paket Aplikasi paling lambat tanggal 25 Mei.

Review Aplikasi Setelah suatu organisasi (perusahaan) mengirimkan aplikasinya untuk ikut serta dalam program MBNQA – yang terdiri dari Profil Organisasional (Organizational Profile - dahulu namanya Business Overview) dan Respons atas Kategori 1 sampai dengan 7, dimulailah tahapan-tahapan penilaian atas aplikasi tersebut.

  • Tahap 1 - Review dan Evaluasi Independen oleh sekurang-kurangnya enam anggota Board of Examiners.
  • Tahap 2 - Review dan Evaluasi Konsensus bagi aplikasi yang telah mendapat nilai baik di Tahap 1.
  • Tahap 3 - Site Visit bagi aplikan yang mendapat nilai baik di Tahap 2 dan Review oleh Juri (Judges) dan Rekomendasi pemenang Award.

Umpan Balik Bagi Aplikan Setiap aplikan menerima laporan umpan balik sebagai konklusi proses review. Laporan umpan balik adalah penilaian tertulis yang disusun oleh tim evaluasi yang terdiri dari para ahli Amerika yang terkemuka. Laporan umpan balik berisi daftar Strengths and Opportunities for Improvement berbasis Kriteria. Laporan ini digunakan oleh organisasi yang menerimanya sebagai bagian dari proses perencanaan strategis, membantu organisasi fokus kepada pelanggan, dan memperbaiki kinerja secara keseluruhan. Umpan balik adalah bagian terpenting dalam proses MBNQA yang memberi arah bagi perbaikan. Laporan umpan balik dikirimkan selama siklus MBNQA berbasis tahap review aplikasi yang dilaksanakan. Tingkat kerahasiaan selalu dijaga di setiap saat dan di setiap aspek review aplikasi serta umpan balik.

Pencapaian Program MBNQA:

  • Menciptakan Standar Nasional
  • Menghasilkan role models
  • Menelurkan program award
  • Meningkatkan daya kompetitif Amerika
  • Menetapkan mekanisme transfer informasi
Lihat juga: Pengenalan Baldrige, MBNQA, Kriteria Baldrige Kriteria Baldrige Mengapa Memilih Kriteria Baldrige Indonesia Quality Award link: Baldrige National Quality Program
 

Gallery

Lembayung Center