**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home Baldrige Pentingnya Memulai Dengan Menyusun "Organizational Profile"
Pentingnya Memulai Dengan Menyusun "Organizational Profile"
 
Profil Organisasional adalah ringkasan tentang: Organisasi Anda, Pengaruh-pengaruh utama dalam beroperasi, dan Tantangan dan Keunggulan utama yang dihadapi/dimiliki organisasi.  Profil sangat penting karena akan digunakan sebagai starting point untuk Self Assessment dan penyusunan aplikasi.  Untuk kepentingan internal, profil digunakan oleh Penulis aplikasi dan Reviewers serta untuk Initial Self-Assessment guna memahami hal-hal yang paling relevan dan penting bagi bisnis organisasi dan hasilnya. Selain profil sangat membantu  organisasi untuk fokus pada persyaratan kinerja bisnis (organisasi) utama dan hasilnya, juga akan digunakan oleh Examiners dan Judges dalam seluruh tahapan review aplikasi dan selama kunjungan lokasi (Site Visit).  

Tujuan:
  • OP membantu memastikan pemahaman bersama tentang: apa yang penting - pengaruh utama operasi organisasi – dan kemana organisasi diarahkan.
  • OP menuntun partisipan Self-Assessment dalam memilih data dan informasi yang paling bermanfaat bagi Self-Assessment.
  • OP membantu identifikasi: gaps informasi, tidak adanya konsensus – inkonsistensi atau - ketidaklengkapan deployment.
 
Proses:
  • Review pertanyaan-pertanyaan dalam OP.
  • Siapkan respons dalam 2 bagian: Organizational Description & Organizational Situation.
  • Sesuai dengan luasnya gaps, mungkin perlu langsung ke Step 9 “Mengembangkan dan Mengimplementasikan Action Plan untuk Perbaikan”. (Step 9 akan membantu menyelesaikan full assessment di masa yad.)
Tips:
Menulis OP merupakan langkah yang “crucial“ dalam mengidentifikasikan apa yang benar-benar penting bagi organisasi Anda. Dengan mengenali kekuatan dan “gap” utama, dapat dijadikan fondasi untuk belajar. Sebagai tambahannya, penyusunan OP oleh Tim berarti menciptakan peluang komunikasi satu dengan lainnya, mungkin untuk pertama kalinya. Hasilnya berupa bahasa bersama sehingga mereka dapat mengembangkan pemahaman bersama pula tentang tujuan, aktivitas dan lingkungan organisasi. (Christopher S. Forman – Member Baldrige Panel of Judges 1997-1999 ).

 

Gallery

Lembayung Center