**** VISI: Menjadi Pusat Pembelajaran Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kriteria Baldrige di Indonesia. **** MISI : Membantu organisasi untuk membangun, memperbaiki dan meningkatkan kinerja dengan menyediakan produk dan layanan buku referensi, pelatihan, workshop, konsultasi, seminar dan assessment Sistem Manajemen Kinerja berbasis Kriteria Baldrige guna mencapai keunggulan organisasi. **** TATA NILAI : Mengutamakan Integritas dan Profesionalisme.
Home Baldrige Tata Nilai dan Konsep Inti Social Responsibility
Social Responsibility
Pertanggungjawaban Kemasyarakatan
Pemimpin organisasi perlu menekankan tanggung jawabnya terhadap publik dan perlu berperilaku yang baik sebagai anggota masyarakat.  Pemimpin organisasi harus menjadi panutan bagi organisasinya dalam memfokuskan diri kepada etika dan perlindungan atas kesehatan masayarakat, keselamatan,  dan lingkungan. Perlindungan atas kesehatan, keselamatan, dan lingkungan, termasuk operasi organisasi seperti halnya siklus hidup produk dan layanan.  Organisasi juga harus menitikberatkan konservasi sumber daya dan mereduksi limbah atas sumber-sumber tersebut.  Suatu perencanaan dalam organisasi harus mengantisipasi dampak buruk produksi, distribusi, transportasi, penggunaan, dan pembuangan limbah produk. Perencanaan yang efektif harus berupaya untuk mencegah  timbulnya masalah, memberikan respons yang tulus jika terjadi masalah, menyediakan informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk memelihara kepedulian, keselamatan, dan kepercayaan publik.  Bagi beberapa organisasi, tahapan desain produk dan layanannya merupakan titik kritis dari sudut pandang tanggung jawab publik. Keputusan desain berdampak kepada proses produksi dan seringkali kepada isu limbah lingkungan dan industri.  Strategi desain yang efektif harus mengantisipasi kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan yang semakin tumbuh.  Organisasi tidak harus hanya sekedar memenuhi persyaratan hukum dan regulasi pemerintah lokal, regional, maupun nasional, tetapi juga harus memperlakukan ini dan persyaratan yang berkaitan sebagai peluang untuk melampaui “sekedar mematuhi”. 

Organisasi harus menekankan perilaku etis dalam setiap transaksi dan interaksi dengan stakeholders.  Pelaksanaan etika harus menjadi persyaratan dan harus dimonitor oleh badan tata kelola organisasi.  Praktik sebagai warga negara yang baik mengacu kepada kepemimpinan dan dukungan bagi tujuan-tujuan publik meski dalam keterbatasan sumber daya organisasi yang dimiliki. Tujuan publik tersebut bisa meliputi: peningkatan pendidikan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat, keunggulan lingkungan, praktik konservasi sumber daya, melakukan layanan kepada komunitas, memperbaiki praktik bisnis dan industri, serta berbagi informasi yang nonproprietary.  Kepemimpinan sebagai warga yang baik juga mempengaruhi organisasi lain, baik swasta maupun publik,  terhadap mitra.  Mengelola tanggung jawab sosial memerlukan penggunaan ukuran dan kepemimpinan pertanggungjawaban atas ukuran-ukuran ini.

 

Gallery

Lembayung Center